Tips dalam Memilih Daycare yang Terbaik

Tips dalam Memilih Daycare yang Terbaik – Saat ini sudah semakin banyak orang yang memilih untuk menitipkan anak di tenpat penitipan anak yang terbaik karena orang tua sangatlah sulit dalam membagi waktu. Daycare atau tempat penitipan anak bisa menjawab kegundahan para orang tua yang tidak rela meninggalkan anaknya untuk bekerja. Tak heran, memilih daycare harus dilakukan secara perlahan dan tidak terburu-buru agar si kecil juga merasa nyaman. Sebelum memutuskan untuk memilih daycare, ada baiknya simak tips berikut ini:

1. Pastikan Memilih Tempat Penitipan Anak yang Memiliki Izin Usaha
Pilih daycare yang memiliki izin usaha daycare dari pemerintah. Menurut Icha Suri Annisa, salah satu pemilik daycare Kidee Child Care Senopati, hal ini penting demi keamanan. Karena banyak sekali daycare yang belum memiliki badan hukum sehingga jika terjadi apa-apa dengan sang anak akan sangat sulit untuk memprosesnya.

Tips dalam MemTips dalam Memilih Daycare yang Terbaikilih Daycare yang Terbaik

2. Rasio Pengasuh Anak
Pilih daycare yang memang bisa menawarkan penjagaan anak dengan maksimal. Idealnya, satu pengasuh bisa menjaga dua orang anak di bawah satu tahun. Sedangkan anak usia di atas empat tahun, idealnya satu pengasuh bisa menjaga lima anak sehingga kebutuhan anak, emosional anak, kasih sayang anak tercukupi.

3. Memiliki Kurikulum yang Sesuai dengan Tumbuh Kembang Anak
Psikolog Elizabeth Santosa menyarankan untuk memilih daycare child berdasarkan kurikulumnya. Karena daycare yang baik adalah yang dapat memahami tumbuh kembang anak di setiap usianya. Kemudian memiliki pengasuh yang paham akan kondisi anak.

4. Memiliki Komitmen yang Tinggi dengan Waktu
Elizabeth juga mengatakan daycare yang baik adalah bagaimana agar orangtua tidak mudah membiarkan anak begitu saja, dengan cara cukup ketat dalam mengatur jadwal.

5. Kualitas Pengasuh yang Baik
Amati bagaimana para pengasuh di sana berinteraksi dengan anak-anak yang dititipkan.  Lihat bagaimana reaksi anak-anak yang diasuh. Lihat kerapian penampilan pengasuh dan kesehatannya, ditambah seperti apa gaya bicaranya terhadap anak-anak. Apakah santun atau kasar?

6. Memiliki Laporan Harian
Daycare yang baik pasti mempunyai laporan harian. Hal ini menjadi hak orang tua untuk mengetahuinya, dari jam makan, jam tidur sampai jam buang air besar. Pastikan Anda memperoleh laporan tersebut untuk terus memantau tumbuh kembang anak. Pastikan juga Anda juga dapat memberi catatan mengenai riwayat alergi si anak jika ada.

https://www.badges25mm.fr/hyperslot/filipina/ https://www.badges25mm.fr/hyperslot/kamboja/ https://www.badges25mm.fr/hyperslot/thailand/ https://www.badges25mm.fr/hyperslot/malaysia/ https://www.badges25mm.fr/hyperslot/robopragma/ https://www.badges25mm.fr/hyperslot/singapore/ https://www.badges25mm.fr/hyperslot/myanmar/